Ternyata Anggapan Tentang ASI sebagai Alat Kontrasepsi Alami itu Salah

Sampai saat ini masih banyak ibu yang percaya bahwa ASI bisa menjadi kontrasepsi alami yang mencegah kehamilan. Selain itu, banyak juga Ibu yang tidak menggunakan kontrasepsi saat menyusui karena takut kualitas dan kuantitas ASI mereka terganggu. Tahukah Anda, The British Pregnancy Advisory Service menyebut kepercayaan mengenai hal itu membuat jumlah kehamilan tidak direncanakan meningkat?


Dikutip dari Detik.com, kehamilan tak direncanakan bisa saja terjadi karena ibu tidak menyusui secara tepat atau Lactational Amenorrhea Method (LAM) tidak bekerja efektif.

Apa itu Lactational Amenorrhea Method (LAM)? Lactational Amenorrhea Method (LAM) adalah metode yang dipercaya dapat mendukung kontrasepsi alami dan menekan kesuburan.

Namun LAM hanya bekerja efektif dengan beberapa syarat. 

Pertama, bila usia bayi kurang dari 6 bulan.
Kedua, periode menstruasi belum kembali.
Ketiga, menyusui bayinya secara eksklusif dan menghindari memberi jeda lebih dari 4 jam selama siang hari dan 6 jam saat malam. Artinya juga tidak memberikan minuman atau makanan lain pada bayi Anda.

Oleh karena itu, meskipun menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi alami, namun jangan bergantung total kepada kegiatan ini.

Para ibu bisa menghindari kehamilan tak terencana dengan menggunakan alat kontrasepsi meski sedang menyusui. Alat kontrasepsi Andalan bisa menjadi solusi aman dan nyaman bagi ibu menyusui. Sebab Andalan memiliki pilihan metode kontrasepsi yang tidak mengandung hormon estrogen sehingga tidak mempengaruhi hormon prolaktin dalam memproduksi ASI.

Anda bisa memilih beberapa tipe alat kontrasepsi Andalan sesuai kebutuhan. Berikut di antaranya:

1. IUD non-hormonal

Alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon apapun sehingga tidak mengganggu kelancaran menyusui, efektif, dan memiliki masa perlindungan 3 hingga 10 tahun.

2. Andalan Implan

Andalan implan yang hanya mengandung hormon progesteron yang aman untuk ibu menyusui, praktis efektif, dan memberikan perlindungan dari kehamilan hingga 4 tahun.

3. Pil KB Andalan Laktasi

Kontrasepsi praktis yang mengandung hormon progesteron dan tidak akan mengganggu atau mempengaruhi prolaktin sehingga kualitas dan kuantitas ASI tidak akan terganggu.

4. Suntikan KB 3 bulanan

Jenis kontrasepsi yang praktis dan efektif ini mengandung hormon progesteron sehingga tidak berpengaruh terhadap produktivitas ASI. Jadi para ibu, ayo pastikan aktivitas menyusui tetap aman dan nyaman dengan Andalan. Andalan Sahabat Ibu Menyusui!

Article Source http://ift.tt/2wIyGzb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »