IBX5B098941BD4CE Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno - Newsbaper

Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno

Newsbaper.com - Burung Perkutut merupakan salah satu jenis burung berkicau yang lumayan digemari di Indonesia. Burung yang memiliki jenis kicauan unik mirip dengan suara sembar dari seorang Lelaki ini, bahkan memiliki kontes nasional yang rutin diadakan setiap tahun. Dan jika seekor perkutut telah memenangkan sebuah kontes maka harganya bisa berubah jadi setinggi langit. Mulai dari yang biasanya hanya berharga ratusan ribu bisa berubah menjadi puluhan juta bahkan hingga milyaran. Dengan harga yang tinggi seperti ini, burung perkutut tentu bukan hewan peliharaan bagi mereka yang berkantong tipis. Karena itu burung Perkutut kadang juga dijadikan lambang status sosial seseorang. Dengan memiliki burung Perkutut juara yang memiliki harga jual tinggi seseorang bisa dianggap sebagai orang yang telah sukses.

Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Tapi selain fakta tadi, burung perkutut sebenarnya masih memiliki sisi lain yang jarang diketahui orang. Perkutut dalam kepercayaan orang Jawa kuno atau biasa disebut Kejawen, merupakan burung yang memiliki mitos tersendiri. Dalam kepercayaan orang Jawa, seorang pria yang telah dewasa tak akan dianggap sebagai sebagai lelaki sejati jika tak memiliki burung Perkutut sebagai hewan peliharanya. Hal ini berhubungan dengan pakem orang Jawa yang menganut Prinsip “Limo Wasto” yaitu 5 Hal yang membuat hidup seorang pria sempurna. Kelima hal tersebut adalah “Wisma” (rumah/tempat tinggal), “Curigo” (keris/ senjata andalan), “Kukila” (burung), “Turangga” (kuda/ kendaraan), “Gangsa” (gamelan) dan “Garwa” (istri/pendamping hidup).

Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Nah dari kelima hal yang wajib dimiliki seorang Lelaki Jawa tadi, burung Perkutut merupakan unsur yang mewakili ‘Kukila’ atau burung. Jadi bagi seorang pria Jawa yang telah mapan, wajib hukumnya untu memelihara burung Perkutut supaya dianggap sebagai pria sejati. Selain itu masih ada pula beberapa mitos unik lainya dari burung Perkutut yang kali ini akan dibagikan kisahnya dalam Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno.

Sejarah Awal Perkutut Menjadi Hewan Gaib

Mungkin kebanyakan orang akan bingung kenapa burung Perkutut bisa memiliki tempat yang Istimewa dalam kehidupan orang Jawa. Untuk memahami hal ini kita tentu harus melihat sejarah dari burung mungil ini. Menurut cerita yang ada, awal mula burung perkutut bisa menjadi hewan yang dianggap gaib oleh masyarakat Jawa, bermula dari kisah pada jaman kerajaan Majapahit. Pada masa itu burung perkutut merupakan hewan yang prestisius dan hanya bisa dimiliki oleh kalangan nigrat dan raja-raja saja. Salah satu kalangan ningrat yang memiliki Perkutut diantaranya adalah Prabu Brawijaya.

Add caption


Tapi Perkutut milik prabu Brawijaya ini bukanlah burung biasa, karena konon Perkutut tersebut adalah jelmaan dari seorang paneran dari kerajaan Padjajaran yang bernama Joko Mangu. Pangeran ini konon dikutuk menjadi burung perkutut karena niat jahat seseorang namun akhirnya berhasil kabur dari kerajaan Padjajaran sebelum berhasil di bunuh. Perkutut ini kemudian terbang sampai ke kerajaan Majapahit dan akhirnya bertemu dengan Prabu Brawijaya. Sejak saat itu Perkutut Joko Mangu terus bersama Prabu Brawijaya bahkan saat Raja Majapahit ini memutuskan untuk Hijrah ke Ngayogyakarta. Dalam masa Hijrah inilah konon tuah dari Perkutut Joko Mangu banyak membatu Raja Brawijaya dalam mempersatukan raja-raja di tanah Jawa. Dari kisah inilah muncul mitos gaib tentang brurung perkutut yang bisa memberikan tuah pada pemiliknya jika memiliki kecocokan batin.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain bisa memberikan kepuasan secara batin dan dapat membuat orang merasa tenang. Burung Perkutut konon juga memiliki tuah tersendiri bagi pemiliknya, hal ini disebut dengan katuranggan atau ciri mathi, yang merupakan ukuran untuk kecocokan secara batin antara manusia dan hewan peliharaanya. Dengan memiliki burung Perkutut yang cocok konon seseorang bisa meraih keberuntungan dalam hidupnya.

Nah dalam kepercayan orang Jawa terdapat beberapa jenis burung Perkutut yang konon dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Jenis-jenis burung itu diantaranya adalah, “Perkutut Katuranggan,” “Perkutut Songgo Ratu,” “Perkutut Lurah,” “Perkutut Daringan,” “Perkutut Putih,” dan “Perkutut Hitam atau Kol Buntet.” Masing-masing perkutut ini konon dapat membawa keberuntungan dalam bentuk kesenangan, kehehatan dan juga kekayaan bahkan ada pula yang bisa menjadi penangkal ilmu sihir, hebat kan…

Jenis Perkutut Pembawa Sial

Jika kita tadi sudah membahas tentang Perkutut yang dapat membawa keberuntungan. Maka ada pula jenis Perkutut yang dipercaya justru dapat membawa nasib sial pada pemiliknya. Ciri-ciri dari burung Perkutut yang membawa sial itu diantaranya adalah terdapat kecatatatan pada bulu, sering bercicau tak karuan dan yang paling parah adalah perkutut yang hanya berkicau pada tengah malam saja.

Untuk jenis yang terakhir ini lebih baik segera dibuang kalau memang memilikinya di rumah. Karena konon jika Perkutut hanya mau berkicau saat tengah malam, maka Perkutut tersebut sebenarnya sedang mengundang malapetaka dan nasib buruk untuk datang ke rumah. Kalau sudah begini bukan hanya kesialan saja yang akan datangm namun juga ketentraman yang ada dalam rumah juga bisa terganggu. Beberapa Jenis Perkutut pembawa sial tersebut diantaranya, “Perkutut Labuh Geni,” “Perkutut Buntel Mayit,” dan juga “Perkutut Kelabang Kepipit.”

Perkutut adalah Hewan yang Setia

Saat mendengar hewan peliharaan yang setia, maka yang pertama akan terlintas dalam pikiran orang adalah Anjing. Tapi anggapan ini sebenarnya tak sepenuhnya benar, karena bagi orang Jawa, hewan peliharaan yang paling setia di dunia adalah burung perkutut. Terdengar aneh memang, tapi percaya tak percaya, Perkutut mungkin adalah satu-satunya burung yang akan kembali ke sangkarnya lagi setelah terlepas.

Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Berbeda dengan kebayakan burung yang akan hilang entah kemana setelah lepas dari sangkarnya. Perkutut justru akan kembali ke sangkarnya jika terlepas, burung Perkutut biasanya hanya akan berkeliaran di sekitar rumah saat lepas dan akan mencari sangkarnya untuk kembali. Karena itu jika ada burung Perkutut yang lepas, biasanya pemimiliknya akan membiarkan sangkar burung berada di luar rumah dalam keadaan terbuka sampai burung perkutut mereka kembali. Hal ini dipercayai banyak orang berhubungan dengan mitos Perkutut Joko Mangu yang juga pernah hilang, namun kembali lagi kepada Prabu Brawijaya, meski sang raja tengah melakukan perjalanan untuk hijrah ke ngayogyakarta.

Pesugihan Dengan Media Perkutut

Kedekatan burung Perkutut dengan dunia gaib ternyata tak hanya sebatas pembawa tuah bagi pemiliknya saja. Karena ternyata ada juga hal gaib yang lebih ekrim lagi tentang burung perkutut. Bagi orang yang menekuni dunia mistis, pesugihan tentu bukan hal yang asing lagi dan dari sekian banyak jenis pesugihan yang ada, ternyata ada satu jenis pesugihan yang berhubungan dengan burung Perkutut. Jenis pesugihan tersebut biasa dikenal dengan sebutan “Pesugihan Kutut Manggung,” yang kurang lebih berarti Pesugihan Perkutut Bernyanyi.

Pesugihan Kutut Manggung dipercaya dapat melancarkan bisnis, karier, mendapatkan jabatan, hingga mendatangkan kekayaan secara gaib. Hanya saja untuk bisa menguasai ilmu pesugihan ini diperlukan usaha yang keras dengan melakukan berbagai macam tirakat. Selain itu seseorang yang ingin menjalankan pesugihan ini juga diwajibkan untuk mencarai Perkutut yang memiliki jambul di kepalanya sebagai syarat utama. Perkutut yang memiliki jambul ini dipercaya sebagai media yang dapat menghubungkan manusia ke dunia gaib. Saat pesugihan ini sudah bekerja maka orang yang memiliki Perkutut jambul ini akan semakin kaya, jika perkutut yang ia miliki rajin berkicau. Karena itu pesugihan ini memiliki nama Pesugihan Kutut Manggung.

Saat ini, burung Perkutut sudah tak populer lagi. Kalau dulu hampir setiap orang memiliki burung Perkutut. Namun sekarang, mereka beralih ke burung kicau yang lebih populer. Padahal, jika mereka tahu, burung Perkutut mempunyai keunikan dan keistimewaan yang sering disangkutpautkan dengan hal-hal gaib.

Bagi mereka yang mempercayai hal ini, burung Perkutut katanya dapat mendatangkan rezeki, ketentraman rumah tangga, dan untuk menaikkan wibawa pada pangkat atau kedudukan tertentu. Meski hal tersebut belum dibuktikan secara ilmiah, tapi para pecinta burung Perkutut percaya, bahwa Perkutut mempunyai kemampuan seperti itu.

Dalam dunia burung Perkutut, terdapat istilah katuranggan yang sering diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu yang bisa berpengaruh (baik dan buruk) pada sang pemilik. Intinya, yang memelihara jenis burung Perkutut Bertuah dengan ciri tubuh tertentu, maka kehidupannya tidak akan jauh-jauh dari katuranggan yang dimiliki burung Perkutut tersebut.

Namun, kami ingatkan bahwa ini hanya mitos yang belum tentu benar. Walaupun demikian, tak ada salahnya Anda mengetahui burung Perkutut seperti apa yang dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno
Mitos Burung Perkutut Dalam Tradisi Jawa Kuno

Katuranggan jenis burung Perkutut yang membawa keberuntungan

  1. Perkutut Kusuma Wicitra: Ciri burung ini mempunyai warna paruh dan sisik kaki keputih-putihan. Mitosnya siapa saja yang memelihara burung Perkutut Kusuma Wicitra, maka cita-citanya mudah tercapai dan rezekinya melimpah.
  2. Perkutut Wisnu Wicitra: Ciri burung ini bulunya berwarna kehitam-hitaman. Mitosnya Perkutut Wisnu Wicitra untuk keselamatan dan mendatangkan banyak rezeki.
  3. Perkutut Wisnu Murti: Ciri burung ini memiliki kaki, mata, dan paruh berwarna hitam. Mitos yang menyebar di masyarakat, Perkutut Wisnu Murti mempunyai pengaruh kewibawaan dan biasanya dipelihara oleh raja atau pemimpin.
  4. Perkutut Gendawa Sabda: Ciri burung ini suara manggungnya keras dan merdu. Perkutut Gendawa Sabda dapat digunakan untuk memikat Perkutut yang lain. Selain itu, burung ini bisa membantu pemiliknya mendapatkan banyak rezeki, keluarganya tenang dan tentram.
  5. Perkutut Gedong Mengo: Ciri burung ini manggungnya menyongsong terbitnya matahari. Mitos yang beredar di kalangan pecinta burung, siapapun yang mempunyai burung Perkutut Gedong Mengo, pemiliknya banyak rezeki dan selamat.
  6. Perkutut Mineb Gedong atau Gedong Mineb: Ciri burung ini manggungnya menyertai terbenamnya matahari. Mitosnya si pemilik akan berkecukupan dan menguntungkan dalam berdagang.
  7. Perkutut Mercuci: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan sipit atau wayang bambangan. Mitosnya pemilik burung Perkutut Mercuci bakal diakrabi orang dan banyak rezeki.
  8. Perkutut Mercu Jiwa: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan bulu sekitar pantat juga kuning. Mitosnya burung Perkutut Mercu Jiwa mempunyai pengaruh sangat besar, baik dipelihara raja atau pemimpin.
  9. Perkutut Muncis: Ciri burung ini bentuk badannya kecil memanjang. Burung Perkutut Munci mitosnya baik untuk dipelihara oleh raja atau pemimpin.
  10. Perkutut Udan Mas: Ciri burung ini bulunya berwarna coklat muda atau krem, serta bulu yang melingkar berwarna kekuning-kuningan. Mitosnya burung Perkutut Udan Mas mampu mendatangkan keselamatan dan kegembiraan, serta rezeki.
  11. Perkutut Satria Kinayungan: Ciri burung ini di tengah kepalanya terdapat bulu berwarna putih. Mitosnya Perkutut Satria Kinayungan dapat menaikkan derajat atau pangkat serta kewibawaan.
  12. Perkutut Sangga Bhuana: Ciri burung ini di punggungnya ada sehelai bulu berwarna putih. Mitosnya siapa saja yang mempunyai Perkutut Sangga Bhuana akan mendapatkan rezeki (Asal jangan ada bulu ekor yang tidak sejajar dengan yang lain, misalnya tidak lurus atau abnormal).
  13. Perkutut Misti Kanya: Ciri burung ini di bagian badan atau seluruh badan berwarna putih. Mitosnya Perkutut Misti Kanya baik untuk para raja atau pemimpin karena membawa keselamatan.
  14. Perkutut Candra Sabda: Ciri burung ini warna bulu di bagian pundak berwarna putih. Mitosnya kalau Anda mempunyai Perkutut Candra Sabda, maka Anda bisa memikat seseorang serta membawa suasana gembira.
  15. Perkutut Rupo Cahyo: Ciri burung ini warna bulunya mengkilat bercahaya. Mitosnya burung Perkutut Rupo Cahyo membawa kedamaian dan kegembiraan.
  16. Perkutut Purnomo Sidhi: Ciri burung ini warna bulunya kemerah-merahan seperti permata. Mitosnya burung Perkutut Purnomo Sidhi untuk menjunjung tinggi kewibawaan dan mendapatkan kehormatan.
  17. Perkutut Sri Mangumpel: Ciri burung ini ibu jari kakinya berwarna putih atau ada dua kuku jari yang putih. Mitosnya siapa saja yang memiliki Perkutut Sri Mangumpel maka keluarganya selalu sehat dan cita-citanya banyak terkabulkan.
  18. Perkutut Widaksana Gasti: Ciri burung ini waktu manggungnya lama, serta halus dan merdu. Mitosnya pemilik burung Perkutut Widaksana Gasti mudah mencapai cita-cita dan banyak rezeki.
  19. Perkutut Pendawa Mijil: Ciri burung ini bulu ekornya berjumlah 15 lembar. Mitosnya Perkutut Pendawa Mijil mampu mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya.
  20. Perkutut Songgo Ratu: Ciri burung ini memiliki jambul dan bagian kakinya berwarna agak sedikit gelap. Mitosnya, menurut cerita zaman dulu, Perkutut Songgo Ratu merupakan Perkutut milik Putra Raja dari Bali. Bagi siapa saja yang memilikinya, derajat dan pangkatnya akan naik serta memberikan kesan berwibawa.
  21. Perkutut Lurah: Ciri burung ini memiliki garis hitam pekat di bagian belakang leher serta bulu-bulu sayapnya berwarna agak merah kecoklatan. Mitosnya burung Perkutut Lurah dapat membawa banyak rezeki.
  22. Perkutut Daringan: Ciri burung ini mempunyai garis-garis hitam di bagian leher yang menyambung tanpa putus. Mitosnya, burung Perkutut Daringan merupakan burung bertuah (mempunyai kesaktian untuk mendapatkan untung dan keselamatan) bagi sekeluarga suami dan istri.

Katuranggan Jenis Burung Perkutut yang Membawa Kesengsaraan

  1. Perkutut Brahma Labuh Geni: Ciri burung ini bulunya berwarna kemerah-merahan tidak merata. Mitosnya Perkutut Brahma Labuh Geni akan mendatangkan halangan dan jauh dari rezeki.
  2. Perkutut Buntel Mayit: Ciri burung ini masing-masing sayapnya ada bulunya putih. Mitosnya burung Perkutut Buntel Mayit dapat mendatangkan malapetaka.
  3. Perkutut Wisnu Tinundang: Ciri burung ini bulunya kehitam-hitaman tidak merata. Mitosnya bagi yang memiliki burung Perkutut Wisnu Tinundang, maka dia akan sulit menggapai cita-citanya.
  4. Perkutut Brahma Suku: Ciri burung ini bulunya berwarna kemerah-merahan. Mitosnya burung Perkutut Brahma Suku sering mengundang penyakit.
  5. Perkutut Brahma Kukup: Ciri burung ini bulunya berwarna keputih-putihan dari kepala sampai ekornya. Mitosnya Perkutut Brahma Kukup bisa mendatangkan sial bagi pemiliknya.
  6. Perkutut Lembu Rawan: Ciri burung ini bulunya ‘brumbung’ tidak tumbuh dengan sempurna. Mitosnya Perkutut Lembu Rawan bisa mendatangkan penyakit atau pemiliknya selalu dalam kesulitan dan jauh dari rezeki.
  7. Perkutut Kelabang Kapipit: Ciri burung ini pada sayap bagian dalam bila direntangkan terdapat bulu berwarna putih. Mitosnya Perkutut Kelabang Kapipit bisa mendatangkan sengketa rumah tangga.
  8. Perkutut Durga Nguwuh: Ciri burung ini manggung pada tengah malam. Mitosnya bila burung Perkutut Durga Nguwuh dipelihara maka akan banyak mendatangkan halangan seperti sering sakit, rumah tangganya kacau atau sering kekurangan.
  9. Perkutut Durga Ngerik: Ciri burung ini manggungnya terus terusan (siang malam). Mitosnya siapa saja yang memelihara burung Perkutut Durga Ngerik, maka akan dijauhkan dari rezeki dan keluarganya tak akur.

Nah, itu tadi beberapa katuranggan burung Perkutut yang bisa mendatangkan keberuntungan dan kesengsaraan. Ingat, ini hanya mitos atau kepercayaan masyarakat saja. Sejatinya, segala sesuatu di dunia ini sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, Anda jangan terlalu mempercayainya.

Sekarang, mari kita membahas jenis-jenis burung Perkutut berdasarkan habitatnya. Burung Perkutut tidak hanya ditemui di Indonesia. Sebab, burung Perkutut tersebar di seluruh dunia. Burung yang memiliki nama latin Geopelia Striata ini juga bisa ditemukan di negara Australia, Malaysia, Singapore, dan Thailand. Di sana, penyebutan burung Perkutut berbeda-beda.

Secara umum, orang-orang di seluruh dunia memanggil burung Perkutut dengan sebutan Zebra Dove atau Barred Ground Dove. Sementara di Malaysia dan Singapore, burung Perkutut dikenal dengan nama burung Ketitir atau burung Merbok. Sedangkan, di Thailand menyebut burung Perkutut dengan nama burung Nokkhao Chewa.

Burung Perkutut atau Geopelia Striata mempunyai beberapa sub jenis lagi yang lebih bervariasi. Adapun, sub jenis burung Perkutut Geopelia Striata adalah sebagai berikut:

Sub jenis burung Perkutut atau Geopelia Striata

  1. Geopelia Striata Striata: Jenis burung Perkutut ini paling banyak dipelihara di Indonesia. Perkutut ini sering disebut Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok yang berasal dari Jawa, Bali, dan Sumatera. Ada juga sebagian yang kalangan yang menyebutnya Perkutut Hawaii.
  2. Geopelia Striata Maungeus: Jenis burung Perkutut ini disebut burung Perkutut Sumba karena berasal dari Sumba, Sumbawa, dan Pulau Timor. Burung ini dikatakan sangat mirip dengan Perkutut Jawa.
  3. Geopelia Striata Audacis: Jenis burung Perkutut ini berasal dari kepulauan Kei dan Tanimbar.
  4. Geopelia Striata Placida: Jenis burung Perkutut ini berasal dari Papua dan Australia Utara.
  5. Geopelia Striata Tranquila: Jenis burung Perkutut ini banyak dijumpai di Australia Tengah.
  6. Geopelia Striata Papua: Jenis burung Perkutut ini berasal dari Papua (Irian Jaya dan Papua Nugini).
  7. Geopelia Striata Clelaudi: Jenis burung Perkutut ini terdapat di Australia Barat.

Itulah beberapa mitos tentang burung perkutut. Kebenaran dari mitos ini sendiri tentu akan sulit dibuktikan dengan ilmu pengetahuan yang ada saat ini. Jadi untuk membuktikanya tentu akan sangat sulit, tapi setidaknya sedikit informasi kali ini semoga saja dapat menambah wawasan.

Article Source:
http//tohirbirdfarm.blogspot.co.id/2014/03/legenda-burung-jawa.html
http//bundakata.blogspot.co.id/2012/06/tradisi-falsafah-jawa-burung-perkutut.html
https//spot-misteri.blogspot.co.id/2016/12/ragam-mitos-seputar-burung-perkutut.html
http//indopesugihan.blogspot.co.id/2015/02/pesugihan-kutut-manggung.html
http//burungnya.com/31-jenis-burung-perkutut-lengkap-dengan-ciri-ciri-dan-mitosnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel