IBX5B098941BD4CE Industri Mobil Terancam Tenggelam Apabila Ada Mobil Listrik - Newsbaper

Industri Mobil Terancam Tenggelam Apabila Ada Mobil Listrik

Dalam sebuah mobil bermesin konvensional terdapat ratusan komponen untuk membuatnya bisa dikemudikan. Namun, pada kendaraan listrik komponen yang dipakai jumlahnya lebih sedikit.

Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, mengatakan kehadiran mobil listrik bukan hanya memberi dampak untuk mengurangi emisi, tetapi juga berdampak pada sektor usaha otomotif.
"Kendaraan listrik akan mendisrupsi sistem industri otomotif yang ada sekarang ini," kata Yannes saat dihubungi VIVA, Sabtu 26 Mei 2018.

Sebagai ilustrasi, kata Yannes, jika mesin mobil BBM (motor bakar) yang sederhana saja menggunakan sekitar 800 komponen, maka pada motor listrik hanya menggunakan 3 komponen besar, yakni baterai, electric drive train atau secara awam disebut dinamo, dan controller.

Indonesia, Surganya Bahan Baku Baterai Mobil Listrik
"Artinya, akan banyak sekali industri komponen mesin BBM yang bakal mati, jika tidak cepat-cepat pindah lahan usaha," kata dia.
Lebih jauh, lanjut Yannes, disrupsi global yang terlalu cepat itu akan menggerus investasi ratusan triliun yang sudah dibenamkan banyak negara prinsipal otomotif di Indonesia dan berpotensi menghancurkan target return of investment dan profit margin yang telah dihitung sebelumnya.
"Hal ini tentu sangat ditakuti oleh semua negara yang berinvestasi pada industri otomotif di Indonesia," kata dia. (ren)
Source : viva.co.id/otomotif/mobil/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel